Definisi Cinta

Meski kata cinta sering kudengar atau bahkan kuucap, aku masih saja bingung ketika membahas apa itu cinta. Bukan karena aku tidak memiliki pengetahuan tentang cinta. Melainkan aku tidak tahu pasti apa definisi cinta yang sesungguhnya. Aku bisa saja mengutip pendapat para ahli agar bisa menjelaskan padamu arti cinta secara ilmiah. Atau mungkin menyitir ungkapan seorang penyair agar aku terlihat romantis di depanmu.
Namun, jika kamu masih tetap memintaku untuk menceritakan tentang cinta, aku hanya bisa menjelaskan satu hal. Bahwa bagiku, cinta kita ibarat menanam sebuah pohon. Pohon yang awalnya bermula dari sebuah biji kecil. Lalu kita rutin menyiramnya hingga ia mulai tumbuh. Tak lupa pohon itu kita beri pupuk agar ia menjadi subur. Apabila sudah membesar, kita buatkan pagar batasnya untuk menghalangi bintang yang ingin merusaknya. Jika sudah tampak buahnya, kita memanenya bersama. Buahnya kita nikmati sedikit saja. Selebihnya, kita bagikan ke tetangga dan orang-orang terdekat. Dan bila umur sang pohon telah habis, kita akan mengikhlaskannya untuk ditebang. Berharap batangnya menjadi kayu atau papan untuk bahan perabotan. Atau menjadi serpihan sebagai dasar pembuat buku bacaan.
Demikian definisi cinta yang kutahu. Tidak terkesan┬áromantis apalagi berbau ilmiah. Aku harap, kamu memiliki definisi yang sama tentang arti cinta denganku. Paling tidak — jika ternyata kita berbeda dalam hal mendefiniskan cinta– kita memiliki tujuan yang sama ketika mengartikan cinta. Karena, tujuan yang sama akan mempertemukan orang-orang diperjalanan, bukan?

Tinggalkan Balasan

