Secuil tentang Hasil tes CPNS 2013

Ada banyak pekerjaan di dunia ini. Salah satunya adalah menjadi seoarang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Di Indonesia minat para job seeker untuk menjadi PNS masih sangat tinggi. Saya tadi coba googling mencari berapakah jumlah pelamar CPNS untuk tahun 2013. Ternyata tak ada angka pastinya. Dari situs resmi BKN pun tak menampilkan. Karena memang proses pendaftaran tidak single data base melainkan diserahkan kepada kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah masing-masing.

Namun demikian, dari penelusuran beberapa berita didapat bahwa jumlah pendaftar jauh melebihi formasi yang ditetapkan, Bahkan Jumlah pelamar lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2013 diprediksi bisa mencapai 1,3 juta orang* dari formasi yang ditetapkan sekitar 60-ribuan. Sehingga jika dihitung secara statistik maka peluang seseorang untuk lolos sebagai seorang CPNS adalah 0,04.

Meski peluang untuk masuk kecil, alhmadulillah ada teman SMA saya yang diterima. Saya tahu ketika membuka laman facebook. Dua orang diterima di Kabupaten Pesisir Barat dan satunya di Kementerian Kominfo. By the way, Kabupaten Pesisir Barat ini merupakan kabupaten yang ada di Provinsi Lampung. Saya sebagai orang Lampung baru dengar nama kabupaten tersebut baru pada saat pengumuman CPNS kemarin. Ternyata Kabupaten Pesisir Barat merupakan kabupaten baru. *padahal mah gak pernah update berita mengenai Lampung*

Wani Piro?

Pelaksanaan tes CPNS tahun ini agak sedikit berbeda. Yang biasanya menggunakan kertas LJK, Pemerintah mencoba menggunkan sistem Computer Assisted Test atau biasa disebut CAT.  Sistem CAT akan menjamin hasil seleksi yang objektif, transparan, dan akuntabel. Sebab, setelah tes peserta ujian dapat melihat skor masing-masing.

Namun demikian sistem CAT belum bisa diterapkan diseluruh Indonesia. Salah satunya yang belum menggunkan sistem CAT ini adalah di Lampung. Sehingga bisa menimbulkan cara-cara yang kurang sehat dalam pelaksanaan tes tersebut,

Setelah pengumuman pekan kemarin saya mendengar bahwa ada anak pejabat yang tidak diterima. Sehingga hipotesis awal saya yang pesimis bahwa bisa terjadi KKN terbatahkan. Saya pun akhirnya beranggapan bahwa meskipun tidak menggunkan sistem CAT, pelaksanaan tes kemarin lumayan bagus. Karena tidak ada permainan pengaruh jabatan untuk meloloskan sanak keluarganya.

Tesis ini ternyata tak berlangsung lama. Setelah saya sharing ke teman juga mengikuti tes CPNS di Lampung mengenai hipotesis saya yang terbantahkan ia langsung meng-counternya dengan sebuah pernyataan anti-tesis. Menurutnya, proses pelaksanaan ujian kemarin belum benar-benar bersih. Karena ia mendapati ada kakak tingkatnya yang membayar 160 juta dan akhirnya lolos.

Seratus enam puluh juta. Ya, 160 juta saudara-saudara. Dulu setahu saya masih berkisar di angka 100 juta. Ternyata uang “masuk” untuk CPNS mengalami peningkatakan layaknya inflasi. Entah akan menjadi berapa ketika saya sudah memiliki anak nanti.

Selamat Tahun Baru.

 

*Disampaikan oleh Asisten Deputi Perencanaan Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), A.Rizal, saat ditemui di Kompas Karier Fair (KKF) 2013, di Balai Kartini, di Jakarta, Sabtu (31/8/2013).

 

2 thoughts on “Secuil tentang Hasil tes CPNS 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s